.

Banner Call Of Duty

Home » » Optimasi Kinerja Video Card Anda

Optimasi Kinerja Video Card Anda

Written By Fitra on Tuesday 23 July 2013 | 23:03

Kolutnews - Video card yang beredar belakangan ini mempunyai kinerja dan kemampuan yang luar biasa. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari sebuah video card, masih terdapat beberapa tips dan cara yang dapat Anda gunakan untuk mendongkrak kinerjanya.
1. Gunakan versi terbaru
Penggunaan driver versi terbaru merupakan hal yang wajib Anda lakukan untuk mendapatkan kinerja yang paling optimal. Luangkanlah waktu Anda untuk mengunjungi web site produsen video card Anda dan download-lah driver terbaru untuk video card Anda. Hampir dapat dipastikan bahwa driver versi yang lebih baru memberikan kinerja yang lebih baik.
2. Gunakan Direct-X versi terbaru
Selain driver video card, DirectX juga sangat berpengaruh terhadap kinerja video card secara keseluruhan pada game yang pemrogramannya berbasis Direct3D dan DirectPlay (seperti game seri Need For Speed, Unreal Tournament, Midtown Madness). Walaupun penggunaan update DirectX tidak terlalu berpengaruh pada game atau aplikasi yang pemrogramannya berbasis OpenGL seperti Quake III Arena, update DirectX tetap merupakan pilihan yang bijaksana karena kebanyakan game menggunakannya. Saat ini, versi DirectX terbaru adalah versi 9.0.  
3. Nonaktifkan penggunaan Wallpaper
Anda bisa mendapatkan kinerja video card yang sedikit lebih baik jika Anda tidak menggunakan wallpaper. Walaupun langkah ini tidak memberikan peningkatan kinerja yang terlalu signifikan, menonaktifkan penggunaan wallpaper tetap merupakan suatu awal yang baik. :) Cara: Start - Settings - Control Panel - Display - Background - Pilih 'None' dari list yang muncul – OK  
4. Nonaktifkan penggunaan Screen Saver
Kecuali Anda adalah seorang screen saver mania atau menggunakan screen saver untuk mempassword komputer Anda, nonaktifkan saja penggunaannya. Pada zaman monitor monochrome, memang penggunaan screen saver dapat meningkatkan usia monitor. Namun pada monitor CRT, penggunaan screen saver tidak banyak membantu, bahkan sebenarnya penggunaan screen saver dapat membebani video card, terutama screen saver yang berjenis 3D, misalnya 3D Pipe. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kinerja grafis yang optimal, matikan saja penggunaan screen saver. Cara: Start - Settings - Control Panel - Display - Screen Saver - Pilih 'None' dari list yang muncul – OK  
5. Nonaktifkan Penggunaan Smooth Edges Of Screen Fonts
Tips ini didapatkan dari program benchmark SiSoft Sandra. Namun jika Anda kebanyakan berkutat di depan monitor komputer untuk mengetik dan banyak bekerja dengan font, sebaiknya feature ini dinyalakan saja. Jika Anda berkonsentrasi pada permainan jenis 3D, matikan saja feature ini.  Cara: Start - Settings - Control Panel - Display - Effects - Hilangkan tanda check pada 'Smooth Edges of Screen Fonts' – OK
6. Matikan program Anti Virus dan Resident lainnya
Program antivirus dan juga program resident lainnya cukup menyita resource dan memory komputer. Oleh karena itu, untuk mendapatkan performa yang optimal dari video card Anda, sebaiknya program antivirus maupun resident itu dinonaktifkan pada saat Anda memainkan game 3D. Namun jika Anda lebih sering menggunakan program untuk mengetik atau mengolah spreadsheet dan sering bertukar data dengan pihak lain, program resident antivirus mutlak diperlukan!  
7. Gunakan Video Card yang menggunakan Port AGP 4x, 8x atau yg terbaru
PCI Express Saat ini beredar dua macam type video card, yaitu yang menggunakan port AGP dan slot PCI. Terdapat kecenderungan untuk menggunakan video card yang dipasang pada port AGP karena harganya yang semakin terjangkau dan juga kinerja yang dihasilkan biasanya setingkat lebih baik dari video card sejenis yang menggunakan slot PCI. Hal ini disebabkan karena port AGP beroperasi pada bus 66 MHz, sedangkan slot PCI hanya beroperasi pada bus setengahnya, yaitu 33 MHz. Dari beberapa test yang dilakukan oleh reviewer independen di Internet, memang video card PCI tidak dapat menandingni video card AGP. Jadi jika memang dana memungkinkan, sebaiknya Anda beralih ke video card yang menggunakan port AGP.
Bagikan Artikel ini Dengan :

0 Tanggapan :

.
 
Support : Blogspot | Template | FaceBook
Copyright © 2013. . - All Rights Reserved
Template Created By Mas Template Di Publikasikan Oleh Fitra Martono
Proudly powered by Blogger