.

Banner Call Of Duty

Home » , » Hati-Hati Menggunakan Internet Banking

Hati-Hati Menggunakan Internet Banking

Written By Fitra on Thursday 16 April 2015 | 07:48



Assalamualaikum dan selamat pagi, siang, sore dan malam buat para pembaca kolutnews. Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi informasi mengenai celah keamanan dunia maya
yang saat ini sedang merebak khususnya pada situs-situs dunia perbankan seperti internet banking dan lain-lain.
Bagi sobat sekalian yang sering menggunakan fasilitas internet banking dari sebuah Bank sebaiknya anda lebih berhati-hati dalam menggunakan fasilitas dari situs tersebut karena mungkin saja situs tersebut secara diam diam telah disusupi sebuah bug yang bernama Heartbleed atau bahkan Shellshock yang jika situs tersebut telah diserang oleh salah satu bug tersebut maka secara diam-diam sang hacker dapat mencuri username dan password anda untuk kemudian menguras habis isi rekening anda..!! Hmmm.. Ngeri Juga Yah..??
Selanjutnya apa sih bug itu ? Silahkan googling sendiri yah atau liat aja di wikipedia yang jelas menurut sejarah sih ada hubungannya dengan manusia purba.. he.. he.. bercanda maksud saya ada hubungannya dengan kecoa/kumbang (dalam bahas inggris namanya BUG) selanjutnya, apa dan sehebat apa sih bug Heartbleed & Shellshock ? Apa dan apa mari kita bahas lebih lanjut..!!

Apa sih Heartbleed & Shellshock Itu ?
Heartbleed & Shellshock adalah sejenis bug atau mallware pencuri data dalam dunia internet namun menggunakan sisi serangan yang berbeda walaupun menggunakan celah yang sama yaitu OPEN SSL situs www, www1 dan http. Menurut kabar, bug Heartbleed telah lama di ketahui oleh beberapa lembaga keamanan internet dunia yakni sekitar 2-3 tahun yang lalu namun tidak ada satupun yang mengakuinya saat ini karena di sinyalir mereka juga menggunakan bug tersebut untuk kepentingannya. Disisi lain, bug Shellshock ini di ketahui berasal dari seorang hacker yang berada di rumania.

Bagaimana cara kerja Bug tersebut ?
Sesuai dengan apa yang telah saya sampaikan diatas, bahwa kedua bug tersebut akan bekerja untuk mencuri data akun internet anda untuk kemudian digunakan oleh sang hacker untuk kepentingannya sendiri.

Apa perbedaan dan persamaan dari kedua Bug tersebut ?
Baiklah penjelasan ini menurut saya yah bukan menurut sumber lain, perbedaannya adalah dari sisi targetnya dimana Heartbleed untuk saat ini lebih banyak menyerang situs-situs perbankan dan money changer dan sejenisnya sedangkan Shellshock hanya menyerang beberapa server situs besar seperti yahoo selanjutnya untuk persamaannya sendiri, kedua bug tersebut dikendalikan oleh sang hacker dan menyusupi server dengan cara membuat file dumping OS turunan linux untuk menyusupi server dan kemudian memberikan link palsu kepada user atau hampir mirip dengan teknik cloning site ketika kita akan menghack akun facebook seseorang dengan menggunakan linux BT5 R3 dan yang jelas kedua bug tersebut bekerja untuk mencuri data akun anda untuk kemudian di salahgunakan.

Bagaimana ciri-ciri dari serangan kedua bug tersebut dan bagaimana cara menghindarinya ?
Untuk bug Heartbleed saat ini sudah dapat di identifikasi secara langsung oleh user karena situs perbankan yang di serang oleh bug tersebut membutuhkan bantuan langsung dari si pemilik akun perbankan tersebut dengan cara meminta anda mengklik tombol verifikasi tambahan/token atau sejenisnya yang  sebenarnya bukan tombol dari situs tersebut jadi ketika anda menggunakan layanan perbankan internet hindarilah hal-hal seperti sinkronisasi otomatis dan sejenisnya sedangkan untuk bug Shellshock masih sementara kami dalami seperti apa ciri-cirinya jadi mohon maaf ya namun untuk sementara untuk menghindarinya jangan memasukkan email anda ke sembarang situs dan berhatilah-hatilah membuka email anda khususnya yang berada pada folder spam..!!

Sekian dulu ya info dan pembahasan dari saya.. terima kasih..!!
Bagikan Artikel ini Dengan :

0 Tanggapan :

.
 
Support : Blogspot | Template | FaceBook
Copyright © 2013. . - All Rights Reserved
Template Created By Mas Template Di Publikasikan Oleh Fitra Martono
Proudly powered by Blogger